Jumat, 07 November 2014

Darimana asalnya Mister "P"?

Hampir semua makhluk menyusui atau mamalia yang berjenis kelamin jantan, termasuk manusia, punya penis sebagai organ reproduksi. Belum lama ini, ilmuan mengungkap dari mana salah satu organ paling vital ini berasal.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature ini mengungkap bahwa asal muasal penis punya keterkaitan yang erat dengan organ gerak (limbs). Jika dikaitkan dengan teori evolusi, maka mamalia mulai mempunyai penis bersamaan dengan munculnya organ gerak yakni saat mamalia mulai meninggalkan kehidupan di air, untuk selanjutnya pindah ke darat.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan mengamati proses genetik yang terjadi dalam berbagai tahap perkembangan embrio. Bukan hanya mamalia yang diamati, melainkan juga jenis makhluk hidup lainnya seperti reptil dan unggas.

Para ilmuwan juga melakukan cangkok sel yang kompleks untuk memastikan apakah organ reproduksi para pejantan ini bisa tumbuh di tempat lain. Sukses. Para ilmuwan bisa menumbuhkannya, dengan menggunakan sel yang diambil dari cikal bakal organ gerak.

Temuan ini sekaligus menjelaskan mengapa bayi laki-laki yang lahir dengan kelainan organ gerak, cenderung rentan mengalami kelainan pada organ reproduksi. Kemungkinannya, karena keduanya memang berasal dari jenis sel yang sama.

"Kami tahu ada hubungan genetik di antara keduanya, dan ini bisa memberikan informasi tentang di mana hubungan itu berada," kata Patrick Tschopp, peneliti postdoktoral dari Harvard yang melakukan penelitian tersebut, dikutip dari BBC, Jumat (7/11/2014).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar